Pemasaran Online

Pemasaran Online Pada Industri Barang dan Jasa


Industri barang dan jasa adalah industri uang meengalami perubahan yang cepat dan siklus hidup produk yang pendek. Industri barang dan jasa memiliki persaingan yang hebat, sebgai akibatnya, teknologi yang di gunakan pun berubah. tentu saja hal tersebut membuat para produsen kesulitan dalam memberikan solusi terikat (proprietary solution) kepada konsumennya. 

1. Strategi Pemasaran Online dalam produuk barang dan jasa

Strategi pemasaran merupakan suatu cara mencapai tujuan dari sebuah perusahaan. dalam kaitannya dengan barang dan jasa . kita akan membahas mengenai strategi pemasaran bagi usaha kecil yang bergerak di bidang produksi.

a) Memanfaatkan program afiliasi

Jika kita ingin membuaat para blogger, selebgram, atau pihak lain untuk mengiklankan produk kita. kita bisa menggunkan program bernama "Program Afiliasi" . Program Afiliasi adalah program dimana kita bisa memberikan tracking URL kepada pihak -pihak yang kita inginkan.

Banyak produsen barang dan jasa memilih metode program afiliasi karena samaa sama menguntungkan bagi kedua belah pihak. bagi kita (Produsen), Kita perlu membayar para pengiklan tersebut bayaran langsung agar meraeka mau mengiklankan produk yang kita buat.

Jika kita masih belum mampu membuat program afiliasi. berikut adalah website yang dapat berfungsi sebgai pihak yang membantu membuat program afiliasi

1)  Shareasale.com
2)  Cj.com
3)  Idevaffiliate.com (costum installation)
4)  Cake.com

b) Metode Dropship 

Dropship adalah sebuah teknik pemasaran dimmana penjual tidak mrnyimpan stok barang, dan dimana jika penjual mendapatkan order, penjual tersebut langsung meneruskan order dan detail pengiriman barang nya ke distributor/supplier/produsen.

Berikut cara cara menerapkan metode dropship sebagai berikut

1) Metode Blindship =  metode ini ialah dimana produsen tidak mencamtumkan label produk yang di buat
2)  Dropshipping = Metode ini metode yang mencamtumkan label pada produk.

Mencantumkan label pada produk dapat menambah kepercayaan konsumen dan pihak perantara (dropshipper). Dropshipping dengan mencantumkan label merupakan cara pemasaran yang ampuh bagi mereka yang masih memulai dalam membangun perusahaan penyedia perangkat keras. Metode pasar promosi



Dalam metode promosi perusahaan lain yang lebih besar akan membeli produk perangkat keras yang kita buat. Tentu saja label atau logo perangkat keras kita akan memakal logo perusahaan yang membeli produk kita. Tapi, dengan kesepakatan yang tepat kita bisa menempelkan logo kita pada produk yang kita buat. Setelah itu, kita bisa meminta perusahaan yang lebih besar untuk mengikutsertakan produk yang kita buat sebagai bonus atau pemberian cuma-cuma kepada konsumen. Bekerja sama dengan perusahaan lain dengan metode promosi adalah cara yang jitu dalam menghabiskan produk kita, karena perusahaan yang lebih besar selalu membeli produk lain dalam jumlah yang besar

Komentar